Senin, 07 Desember 2015

“KAMPUNG SERIBU PISAU”

Pengembangan pengrajin pisau, Kampung Limus Buek
Ella Nurlaela
2288142792
Email : ellanurlaela825@gmail.com


PENDAHULUAN
Pisau adalah alat potong suatu benda. Pisau merupakan peralatan wajib yang harus ada dalam suatu rumah. Bagaimana tidak, pisau merupakan alat potong serba guna yang biasa digunakan para ibu rumah tangga untuk memotong bahan makanan untuk dimasak. Dalam perkembangannya pisau mengalami perubahan dalam penggunaan material. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi dan perkembangan zaman. Pada umumnya pisau terbuat dari besi baja yang dibentuk sesuai kebutuhan. Kampung Limus Buek, Desa Suka Indah Kecamatan Baros Kabupaten Serang terdapat beberapa masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin pisau dapur, sehingga terkenal dengan kampung pengrajin pisau. Ada kali ini penulis akan membahas mengenai masyarakat tersebut dengan judul “Kampung Seribu Pisau”, ada apa dengan judul tersebut? Untuk kelanjutannya dapat kita ketahui dalam pembahasan.
PEMBAHASAN


Di Kampung Limus Buek, Desa Suka Indah Kecamatan Baros Kabupaten Serang, terdapat beberapa masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin pisau dapur. Di daerah tersebut tidak hanya 3-5 pengrajin bahkan lebih. Terdapat satu pengrajin pisau yang paling besar di daerah tersebut, yaitu milik Pak Isro. Dengan 23 orang pekerja. Jam kerja karyawan yaitu mulai dari hari senin hingga hari jumat, sedangkan sabtu dan minggu hanya digunakan saat membeludaknya pesanan. Total produksi sekitar 4000 buah pisau/minggu. Harga pisau yang dibuat Pak isro kepada para pedagang untuk dijual yaitu sekitar Rp. 1.250 hingga Rp. 8000. Melihat potensi yang dimiliki oleh masyarakat setempat, yaitu keahlian dalam membuat pisau, saya sebagai mahasiswa dirasa memiliki kewajiban untuk dapat membantu dalam pempublikasian terhadap wilayah luar Banten atau lebih dari wilayah Banten. Hal ini bertujuan agar paraa pengrajin pisau di wilayah setempat dapat lebih terkenal dan memiliki cakupan wilayah pemasaran yang luas, terutam untuk para pengrajin yang masih dalam tahap awal atau perintisan.
Saat wawancara, Pak Isro mengungkapkan bahwa ada keinginan untuk dapat mendistribusikan produk pisaunya lebih meluas tidak hanya di Pulau Jawa dan Sumatera.
Pembuatan Pisau
Proses pembuatan pisau meliputi elima tahapan, yaitu
1.   Pemotongan
     Dalam oroses ini bahan yang digunakan untuk membuat pisau, yaitu pelat besi dipotong-potong  
     sesuai ukuran dan kebutuhan berbentuk pisau pada umumnya
2.   Penghalusan/gurinda
     Proses ini menggunakan alat gurinda, yaitu bertujuan untuk menghaluskan bagian tajam pisau. 

3.   Sepuh 
     Proses sepuh atau pembakaran pisau ini bertujuan untuk
4.   Pemasangan pisau dengan gagangnya
5.   Gloss
     Proses ini adalah proses terakhir dalam pembuatan pisau. Proses ini dilakukan dengan 
     menggesekkan pisau sehingga terlihat mengkilat.
Dalam studi ini, penulis bermaksud untuk membantu pengembangan pengrajin pisau dalam mempublikasikan kepada kalangan masyarakat luar Banten khususnya, yaitu dengan cara mempromosikan melalui media sosial yaitu facebook . hal ini dikarenakan penggunaan teknologi mlai meluas, tidak hanya di kalangan anak muda, bahkan kalangan orang tua saat ini pun sudah tidak asing lagi dengan media sosial ini. Sehingga promosi ini dapat menjangkau sluruh masyarakat di indonesia bahkan mendunia.
KESIMPULAN
Sudah sepantasnya kita mahasiswa sebagai “Agen of Chance” dapat membaca setiap potensi yang ada di masyarakat serta ikut berpartisipasi dalam pengembangan potensi tersebut. Pengrajin pisau yang di Kampung Limus Buek Desa Suka Indah Kecamatan Baros Kabupaten Serang ini merupakan salah satu potensi yang ada di masyarakat yang perlu kita perkenalkan ke wilayah Banten khususnya, dan luar Banten pada umumnya.
Dalam pemasaran perlu adanya promosi, hal ini bertujuan agar suatu produk dapat dikenal, dengan begitu konsumen dapat dengan mudah membeli produk usaha. Sehingga iklan suatu produk sangatlah penting. Peggunaan media sosial yang berkoneksi internet dalam promosi atau iklan suatu produk merupakan inovasi pemasaran yang sedang “trend” pada saat ini, maka akan jauh lebih mudah pemanfaatnya karena semua kalangan masyarakat dapat menggunakan media sosial atau internet tersebut. 
DAFTAR PUSTAKA
Https://id.m.wikipedia.org/wiki.pisau, diakses 09 Nopember 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar