Selasa, 15 Desember 2015

KUE GABIN GORENG ISI TAPE



Idham Chalid Priadi
2288142295

 E-mail : idhamchalidpriadi@yahoo.co.id




PENDAHULUAN
Kue Gabin Goreng Isi Tape, merupakan makanan ringan yang berupa kue goreng yang berisi. Misalnya, isi keju, puding, sayur, kentang, ayam, selai, nah kali ini saya ingin mencoba membuat Gabin Goreng  Isi Tape sendiri yang biasanya sering di buat oleh ibu saya. kita dapat mengolah sendiri bahan - bahannya. Cukup dengan bahan sederhana dan pembuatan yang praktis sebagai cemilan wajib keluarga baik di rumah ataupun keluar rumah.
Berdasarkan latar belakang diatas, dalam ini akan dibahas tentang apa saja bahan - bahan yang harus di persiapkan untuk membuat Kue Gabin Isi Tape ? bagaimana cara membuat adonan dari Kue Gabin Isi Tape ? bagaimana cara membuat Kue Gabin Isi Tape ? apa saja permasalahan dalam pembuatan Kue Gabin Isi Tape ? apa manfaat dari pembuatan Kue Gabin Isi Tape? Bagaimana cara pemasaran dan penjualan Kue Gabin Isi Tape?.

PEMBAHASAN
            Tape adalah salah satu jenis olahan makanan asli khas Indonesia. Beberapa daerah yang terkenal dengan olahan tape adalah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa daerah lain. Tape merupakan makanan fermentasi yang dibuat dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong dan ketan. Nama tape didasarkan pada jenis bahan baku utama seperti tape singkong dan tape ketan. Tape banyak disukai oleh semua orang karena rasanya yang lembut, lezat, manis dan juga ada rasa khas yang tidak ditemukan dari makanan lain. Selain itu tape mengandung alkohol karena telah diolah dengan proses fermentasi. Tapi akan dibuat dengan berbagai macam dasar metode yang sama namun pengemasan yang berbeda.
ü  Manfaat tape singkong bagi kesehatan
1.   Tape Menghangatkan Badan dan Membantu Tubuh Lebih Berenergi

2.      Tape Bisa Meningkatkan Manfaat Seksual dan Obat Jerawat dan untuk diet

3.      Tape sebagai Sumber Probiotik dan meningkatkan sistem syaraf dan otot

4.      Tape Meningkatkan Fungsi Pencernaan dan Mencegah Anemia

5.      Tape Mengatasi Penyakit Darah Tinggi
Didalam segi manfaatnya disini saya akan membuat sebuah makanan ringan sederhana yaitu Gabin Goreng (dari biskuit crackers atau malkist) merupakan sebuah makanan ringan enak dan renyah  serta bahan - bahannya yang sederhana dan praktis yang menjadikan sebuah  camilan ataupun menu sarapan pagi dan cara membuatnyapun cukup mudah, yang disamping itu juga  bisa dapat menghasilkan keuntungan dari hasil penjualannya. Pada essai ke 8 ini saya akan memasarkannya dan menjual Kue Gabin Goreng ini, karena ini merupakan sebuah bentuk proses pembelajaran bagi saya.
2.1 Bahan - Bahan Kue Gabin Goreng Isi Tape
1.      Tape Singkong ½ Kilogram
2.      Gula Pasir Atau Gula Halus
3.      Susu Saset Frisian Flag 1 Saset
4.      Tepung Terigu
5.      Biskuit Sereal Gabin Manis (Salut Gula)
6.      Air
7.      Minyak Goreng ½
2.2 Cara Membuat Adonan
            1. Terlebih dahulu tape harus dihaluskan dengan cara di tumbuk
            2. Masukan tape secukupnya ½ Kilogram
3. Air secukupnya menurut perkiraan kita
3. Masukan gula secukupnya menurut selera kita sampai terasa manis
            4. Masukan susu 1 saset
            5. Masukan tepung terigu secukupnya menurut perkiraan kita
6. Dan masukan air di aduk-aduk hingga merata sedikit demi sedikit sampai adonanya melekat. dan kental
2.3 Cara Pembuatannya
            Ambil 1 biji biskuit gabin lalu masukan adonan tapenya, terus ambil lagi 1 biji lagi biskuit gabin lagi lalu di tempelkan serta ditekan pelan-pelan dan lalu rapihkan samping-sampingnya terus siapkan minyak goreng dan panaskan,  setelah panas baru masukan gabin isi tape tersebut untuk di goreng dan perlu di ingat api harus kecil sedang jangan terlalu besar apinya, agar supaya pada saat di goreng bisa diketahui  meresap kedalam tape biskuit sampai berwarna cokelat lalu angkat dan tiriskan, sehabis di tiriskan lalu di bungkus dan di jamin bisa awet 10 hari.
2.4 Masalah - Masalah Dalam Pembuatan
1. Air jangan terlalu banyak secukupnya saja jika airnya banyak maka tape bisa lembek
2. Tepung terigu jangan terlalu banyak nanti pada saat waktu di goreng tidak mau merekat
2.5 Manfaat Dari Pembuatannya
            1. Pribadi
                        Kalau secara pribadi untuk  bisa di jual dan mendapatkan hasil kerja secara mandiri serta keuntungan  dan penghasilan dari penjualannya disimpan dan untuk kebutuhan pribadi.
            2. Umum
                        Kalau secara umum sebagai jajanan dengan harga yang relatif terjangkau sebagai cemilan makanan yang ringan enak dan renyah.
2.6 Cara Pemasaran
1. Dengan menaruh dagangan di warung - warung terdekat di rumah.
2. Dengan menawarkan dan berjualan langsung di lokasi sekitar Kampus C.
2.7  Harga Penjualan
Untuk harga penjualan dari Kue Gabin Isi Tape ini dari saya yaitu Rp. 1.500 satu buah


KESIMPULAN
Dari kesimpulan Kue Gabin Goreng Isi Tape diatas, adalah makanan ringan yang berupa kue goreng yang berisi. merupakan sebagai makanan ringan dalam proses pembuatannya yang cukup sederhana memang dalam pembuatannya harus dibutuhkan ketelitian dan perkiraan dalam proses pembuatan adonannya, serta tape juga mempunyai bayak manfaat untuk kesehatan kita serta bahan - bahannya yang sederhana dan praktis yang menjadikan sebuah  camilan ataupun menu sarapan pagi dan cara membuatnyapun cukup mudah, yang disamping itu juga  bisa dapat menghasilkan keuntungan dari hasil penjualannya. Tape merupakan makanan fermentasi yang dibuat dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti singkong dan ketan. Tape banyak disukai oleh semua orang karena rasanya yang lembut, lezat, manis dan juga ada rasa khas yang tidak ditemukan dari makanan lain.

DAFTAR PUSTAKA
Orang Tua.

Alfianti, 2015, Kue Gabin Isi Tape, https://afriantionlineshop.wordpress.com/2015/01/20/kue-gabin-isi-tape/, (diakses pada tanggal 11 - November - 2015).

Endah Sulistiani, 2015, Gabin Isi Tape Edisi Nostalgia Putih Merah, https://cookpad.com/id/resep/219129-gabin-isi-tape-edisi-nostalgia-putih-merah, (diakses pada tanggal 11 - November - 2015).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar