Selasa, 15 Desember 2015

Penghijauan Ciwaru yang Menguntungkan

Putri Nafisha Sari 
2288142499 
Email : putrinafishas@gmail.com

 PENDAHULUAN
Di provinsi Banten khususnya di kota serang masih banyak lahan yang hendaknya dibuat sebagai lahan untuk tata kota atau taman kota sebagai jantung untuk lahan penghijauan kota. Berbagai macam yang hendaknya pemerintah membuat penghijauan lahan seperti hal sepanjang jalan yang di tanam berbagai macam tanaman yang bermanfaat untuk masyarakat, yang terutama baik untuk lingkungan sekitar dengan adanya lahan penghijauan. Seperti hal nya daerah ciwaru dan di berbagai daerah yang khususnya di daerah kota serang sendiri masih kurang perhatiannya dengan adanya lahan hijau. Dengan adanya hal ini bagaimana kita sebagai mahasiswa perlu berfikir bagaimana cara untuk menanggulangi panas nya daerah serang khususnya daerah ciwaru yang masih kurang akan penghijauan.

PEMBAHASAAN
Daerah ciwaru termasuk daerah yang gersang, dan kurang akan penghijauan, kurangnya perhatian dari pemerintah. Dengan tata kota yang ada, aspek dari kehidupan masyarakat dan keadaan sosial sekitar juga terganggu dengan berbagai macam polusi udara yang ada. Yang telah saya tinjau dari aspek lingkungan sekitar dengan keadaan lingkungan yang kurang baik, saya sebagai mahasiswa memiliki solusi yang sebagaimana adanya penanaman beberapa tumbuhan yang menjadikan sebuah aset dan investasi bagi kita sebagai mahasiswa, masyarakat sekitar dan khususnya di lingkungan.
Lahan yang masih cukup disekitaran kampus ciwaru sebagai lahan uji coba pananaman lahan hijau yang di tanami berbagai macam tumbuhan dan pepohonan yang terutama baik untuk investasi dalam jangka waktu yang panjang, yang contohnya penanaman pohon jati yang baik untuk di investasikan. Dengan adanya beberapa pohon jati yang di tanam, masyarakat sekitar pun akan ikut serta peduli lingkungan nya sendiri. Dengan ada nya penanaman pohon jati sangat baik untuk beberapa aspek mulai dari sosial masyarakat, lingkungan sekitar dan lain lain. Pohon jati sendiri memiliki daya tarik untuk bahan sebagai furnitur yang sangat baik untuk di ambil kayu nya dan di olah, sistem yang di pakai adalah sistem tebang pilih tanam sejenis, mulai dari bibit pohon jati yang juga memiliki nilai jual hingga saat pohon tersebut berumur 5 tahun yang sangat baik untuk bahan furnitur, masyarakat di ikut sertakan untuk pengolahan bahan dasar pembuatan furnitur ini yang membuat untung bagi para si pengerajin tersebut. Banyak hal yang positif yang di ambil mulai dari penanaman pohon jati yang baik untuk investasi jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang, sebagai pohon yang memiliki daya jual tinggi ketika sudah di olah menjadi bahan furnitur yang memiliki daya jual yang tinggi yang menguntungkan juga bagi si pengerajin furnitur tersebut, yang terutama meningkatkan kualitas kerja hasil bagi masyarakat nya itu sendiri. Dan juga menguntungkan bagi saya di jurusan sejarah untuk investasi tabungan untuk masa depan yang di peroleh dari hasil penanaman pohon jati itu sendiri. Mulai dari penjualan bibit tanaman jati, hingga kayu yang berkualitas tinggi untuk di jual sebagai furnitur yang meiliki daya tarik tersendri bagi para pembeli.

KESIMPULAN
            Dengan produk yang saya ajukan ini memiliki dua sisi keuntungan yang baik. Pertama dengan adanya penanaman pohon jati ini kita bisa sambil melakukan penghijauan di daerah ciwaru yakni sekitar kampus. Kedua pohon jati ini memiliki manfaat yang sangat banyak khususnya untuk membuat furniter yang berkualitas. Hal ini juga bisa jadi pemicu untuk masyarakat setempat untuk ikut serta dalam usaha ini atau bahkan bisa membuka usaha sendiri untuk masyarakat sekitar. Harga satu pohon jati yang usianya sudah 5 tahun memiliki daya jual yang tinggi. Selain itu pengembangbiakan pohon jati juga sangat mudah yakni dengan melalui steak. Pohon jati juga sudah sangat terkenal kualitas kayunya yang tidak mudah rapuh karena rayap maupun cuaca.
            Oleh karena itu hal ini lah yang membuat usaha penghijauan dengan pohon jati ini sangat mengutungkan. Dari sini juga kita bisa mengenalkan kepada masyarakat setempat tentang bagaimana cara pengembangbiakan pohon jati yang baik. Pemilihan bibit unggul pohon jati juga bisa kita ajarkan kepada masyarakat setempat yang ingin ikut serta dalam usaha ini. Bagaimana cara mengolah bibit unggul pohon jati. Dan banyak hal lainnya yang bisa kita ajarkan kepada masyarakat setempat. Ini juga salah satu cara bagaimana membuka lapangan kerja untuk masyarakat setempat dengan usaha yang menggiurkan untungnya. Sambil menyelam minum air, sambil menunggu tumbuhnya pohon jati kita juga bisa manjual bibit pohon jati yang kita hasilkan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar